Wagub Bachtiar Basri Buka Gelarwasda Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung di Lampung Barat

LAMPUNG BARAT – Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri membuka secara resmi Gelar Pengawasan Daerah (Gelarwasda) Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung, di Hotel Seminung Lumbok Resort, Kecamatan Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat, Senin (29/4).

Acara yang mengusung tema “Dengan Gelarwasda Kita Tingkatkan Sinergitas Pengawasan antara Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Aparat Penegak Hukum (APH)” ini akan dilaksanakan pada 29-30 April 2019 dan diikuti oleh Wakil Bupati/Wakil Walikota se-Provinsi Lampung.

Juga Inspektur kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, OPD Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, serta Kepala MKKS SMA dan MKKS SMK se-Provinsi Lampung.

Dalam pengarahannya Bachtiar mengatakan Gelarwasda merupakan kegiatan melihat apa yang terjadi dalam jalannya roda pemerintahan.

Hal ini dikarenakan ketika ada temuan pada saat pemeriksaan oleh APIP maupun eksternal seperti BPK, maka hal itu harus ditindaklanjuti temuan-temuannya.

“Saya selalu mengatakan kepada Wakil bupati/walikota Kabupaten/kota Se-Provinsi Lampung, bahwa kita selaku dari wakil dari Kepala Daerah memiliki tugas yang diatur dalam Undang-undang seperti mengkoordinasikan intansi vertikal, menindaklanjuti hasil temuan dari hasil pemeriksaan baik secara internal maupun eksternal, serta mengevaluasi jalannya penyelenggaraan pemerintahan,” jelas Wagub Bachtiar.

Wagub Bachtiar mengingatkan tugas-tugas sebagai wakil kepala daerah bukan hanya sebagai ban serep.

“Masih banyak Bupati/Walikota yang tidak memfungsikan wakilnya. Padahal sudah jelas bahwa wakilnya memiliki tugas tugas-tugas terutama menindaklanjuti hasil pemeriksaan, dan evaluasi roda pemerintahan,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsusm menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta Gelarwasda, yang mempercayakan Gelarwasda kali ini diselenggarakan di Lambar. Pihaknya berharap, dengan adanya acara ini Lambar lebih dikenal oleh masyarakat luas sehingga menjadi salah satu bentuk promosi untuk Lambar.

“Dengan adanya Gelarwasda, apa yang menjadi hambatan dari Lambar akan dipermudah, terlebih jika bekerjasama dengan Kabupaten Pesisir Barat untuk membangun jalan penghubung Lambar dengan Pesisir Barat, agar destinasi wisatanya sama sama diuntungkan,” harapnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *