Mantapkan Persiapan, Pemprov Lampung Minta Antisipasi Kerawanan Pemilu

BANDAR LAMPUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menggelar Rapat Koordinasi Gabungan (Rakorgab) pemantapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019 di Gedung Pusiban Kantor Gubernur Provinsi Lampung Senin (1/4).

Rakorgab ini bertujuan agar terjalin sinergitas antara Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kabupaten/Kota. Selain itu dengan seluruh pemangku kepentingan Pemilu dalam menjalankan tugas sehingga tercipta iklim demokrasi yang damai dan kondusif.

Gubernur M. Ridho Ficardo melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Politik, Fahrizal Darminto, mengataan kesuksesan Pemilu 2019 juga ditentukan faktor kesiapan penyelenggara, pemerintah daerah, dan aparat keamanan dalam mengantisipasi berbagai potensi kerawanan.

“Waspadai dan cegah hal-hal yang dapat mencederai proses Pemilu seperti perang hoaxs dan propaganda, politik uang, politik identitas, black campaign, serangan fajar, dan intimidasi,” kata Fahrizal.

Lebih lanjut dia menyampaikan salah satu bagian terpenting dari sebuah proses Pemilu adalah peran dan partisipasi masyarakat. Tingkat partisipasi politik masyarakat di Lampung juga menjadi perhatian khusus pada Pemilu 2019.

Pemerintah san semua pemangku kepentingan diharapkan dapat mendorong secara optimal peningkatan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilih dalam menyukseskan Pemilu 2019 dengan target yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yakni 77,5%.(LS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *