banner 728x90

Hati-hati!! Harimau Sumatera Nongol Dijalan Raya

  • Bagikan

Loading

Lampung,-Seekor harimau Sumatera terekam kamera pengendara di jalan lintas di Lampung menjadi viral di media sosial yang diunggah melalui akun Facebook bernama Sigit Jraol pada Sabtu (10/2/2024).

Dari video tersebut Harimau Sumatra terlihat muncul dari dalam hutan yang berada di tepi jalan lintas Sedayu atau Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Sumatera arah ke Bengkulu.

Sementara, Kepala SKW III Lampung BKSDA Bengkulu, Joko Susilo, menyatakan bahwa lokasi sebenarnya tidak berada di Sedayu, seperti yang disebutkan dalam video tersebut.

“Lokasi harimau tersebut terekam berada di Jalinbar Sanggi Bengkunat, Pemerihan,” ujarnya.

Pihak berwenang akan melakukan mitigasi terkait kemunculan harimau tersebut.

Balai Taman Nasional Barisan Selatan (TNBBS) juga telah mengonfirmasi bahwa harimau Sumatera tersebut sudah terlihat sejak sebulan terakhir.

Kepala Resor Pemerihan Balai TNBBS, Subki, menyebut bahwa harimau itu terlihat berkeliaran di sekitar Tanjakan Mayit sejak satu bulan terakhir.

Meskipun telah diketahui sejak bulan lalu, baru pada Jumat (9/2/2024) pihak Resor Pemerihan menemukan jejak harimau di sekitar Tanjakan Mayit.

“Terdapat juga laporan mengenai konflik satwa liar, di mana satu ekor ayam milik warga telah dimangsa oleh harimau,” jelasnya, dilansir¬†kompas.

Subki mengimbau kepada masyarakat setempat untuk meningkatkan keamanan dengan membuat api dan memperkuat kandang, serta mengurangi aktivitas di malam hari.

Hal ini dilakukan untuk mencegah konflik lebih lanjut antara manusia dan satwa liar di wilayah tersebut.

Dengan munculnya harimau Sumatera di jalan lintas Lampung, masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan mengikuti petunjuk dari pihak berwenang guna mencegah terjadinya insiden yang tidak diinginkan. (*)

  • Bagikan