Gubernur Muhammad Ridho Ficardo Targetkan Lampung 10 Besar di PON 2020

BANDAR LAMPUNG – Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo melakukan rapat koordinasi persiapan Pra Pekan Olah raga Nasional (Pra-PON) XX/2019 dan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera X/2019 bersama pengurus Komite Olahrga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung, yang dilaksanakan di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur Lampung, Rabu (10/4) malam.

Mengawali rapat koordinasi tersebut, Wakil Ketua 1 Koni Lampung Hannibal, SH, MH mengungkapkan bahwa pada PON 2016 yang lalu Provinsi Lampung menempati peringkat 15 Nasional dengan perolehan 11 emas, 9 perak, dan 16 perunggu.

Oleh karena itu, menurut Hannibal Koni Lampung harus melakukan program pembinaan agar prestasi Olahraga atlet Lampung dapat lebih meningkat pada kegiatan PON XX/2020 mendatang di Papua.

Sementara itu Gubernur Lampung yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Koni Lampung menargetkan Provinsi Lampung meraih peringkat 10 besar Nasional pada PON XX mendatang.

Gubernur Ridho menyatakan bahwa Provinsi Lampung pada tahun 2012 – 2015 berhasil meraih peringkan 5 Besar pada ajang Pekan Olahraga Nasional, yang kemudian turun keperingkat 8 dan 15 pada tahun-tahun berikutnya. Oleh karenanya diperlukan pembinaan yang tepat untuk dapat meningkatkan prestasi olahraga atlet-atlet Lampung.

“Membina atlet olahraga itu tidak seperti membangun infrastruktur. Kalau membangun infrastruktur itu kalau ada anggaran bisa berhasil, tapi membangun atlet yang berprestasi tidak seperti itu, meskipun ada anggarannya belum tentu berhasil. Jadi memang diperlukan strategi dan program pembinaan yang tepat,” ungkap Gubernur

Namun demikian, dengan program pembinaan yang dijalankan oleh Koni Lampung sekarang Gubernur Ridho optimis Provinsi Lampung dapat meraih peringkat 10 besar pada ajang PON XX di Papua mendatang.

Baca Juga:  Gubernur Ridho Ficardo Dampingi Menteri Perhubungan Resmikan Lanud Gatot Soebroto Sebagai Bandara Sipil

Gubernur Ridho juga mengungkapkan bahwa beberapa waktu lalu anggaran APBD Provinsi Lampung banyak tersandera pada program pembangunan infrastruktur jalan, yang memang menjadi fokus utama pembangunan di Lampung

Namun demikian, dengan semakin baiknya infrastruktur jalan di Lampung, maka anggaran APBD Provinsi Lampung dapat dialihkan pada fokus program pembangunan berikutnya, yakni pembangunan sarana dan prasarana umum yang mana salah satunya adalah sarana olahraga untuk mendukung peningkatan prestasi atlet-atlet Lampung.