Kerap Disepelekan, Buah Takokak Ternyata Ampuh Obati Asam Urat Menyakitkan

Asam urat di kaki

Takokak atau terung pipit (Solanum torvum) adalah tanaman yang mungkin disepelekan. Kadang tanaman ini tumbuh liar dan dianggap gulma, bahkan tidak pernah dilirik oleh kita. Tapi bagi Anda penderita asam urat, jangan menyepelekannya.

Tapi siapa sangka, jika di negara lain tanaman ini cukup populer digunakan. Manfaat dari takokak ini sangat banyak, selain untuk obat asam urat. Bahkan jika Anda menderita anemia, disarankan untuk sering memakannya.

Buah Takokak

Menyembuhkan Asam Urat

Asam urat di kaki. Dan akhirnya, takokak juga mampu menyembuhkan asam urat dan gejala yang terkait, seperti kemerahan dan rasa sakit dengan membantu membuang asam urat dari tubuh.

Mengatasi Gejala Anemia

Ini adalah manfaat utama dari Takokak. Mengandung zat besi yang tinggi, merupakan kunci untuk pencegahan anemia dengan merangsang produksi sel darah merah.

Menyembuhkan Gangguan pencernaan

Selanjutnya, takokak juga baik untuk penyembuhan penyakit yang berhubungan dengan pencernaan secara umum seperti diare dan sakit perut. Sayur ini bekerja dengan menetralkan asam lambung, yang bertanggung jawab atas masalah pencernaan.

Mencegah Cacing Usus

Konsumsi teratur juga berkontribusi terhadap pencegahan cacing usus atau cacing pita. Cacing pita adalah parasit yang dapat menginfeksi kita yang berasal dari makan daging mentah atau minum air yang terkontaminasi. Jika diabaikan, cacing pita dapat membentuk abses besar di dalam organ manusia.

Membantu dalam Pengobatan Diabetes Tipe 2

Takokak membantu pengobatan diabetes, yang merupakan kondisi permanen di mana jumlah kadar gula darah tinggi di dalam darah. Diabetes juga dikategorikan menjadi dua; diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Menyembuhkan Pilek dan Gejala Flu

Pilek dan flu adalah salah satu penyakit paling umum. Kabar baiknya adalah, takokak dapat digunakan untuk pemulihan flu! Yang dibutuhkan hanyalah membuat sup panas dari buah ini.

Siapa duga jika takokak menghentikan pertumbuhan sel kanker paru-paru, karena menawarkan kombinasi terbaik dari kualitas antibakteri dan antijamur, yang tentu saja sangat penting untuk perlindungan terhadap kanker.

Melunakkan Lendir dan Dahak

Lendir dan dahak dapat muncul karena flu dan batuk. Caranya adalah dengan mengeringkan buah ini dan membuatnya menjadi bubuk. Anda bisa mengonsumsinya menjadi minuman yang diseduh seperti teh.

Meminimalkan Risiko Penyakit Ginjal

Menurut penelitian, takok membantu pencegahan dan pengobatan penyakit ginjal. Dan bahkan membalikkan nekrosis tubular serta menghantikan sumbatan glomerulus.

Menghindari Penyakit Kardiovaskular dan Stroke

Antioksidan kuat dari buah ini, mulai dari flavonoid, alkaloid, glikosida, tanin, torvosida, dan lainnya. Berkontribusi sebagai perlindungan utama dari penyakit kardiovaskular dan juga stroke.

Mengatur Menstruasi

Takokak mengatur menstruasi dengan menormalkan siklus menstruasi reguler, dan juga meminimalkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait dengannya.

Cara Mengonsumsi Takokak

Caranya adalah dengan mengonsumsi langsung 5-10 buah takok setiap hari. Jika tidak suka dengan rasanya, Anda bisa menambahkannya ke dalam sup atau dibuat campuran gado-gado atau ketoprak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *